The Elder Scrolls 6

GAMERKLIK.ID  – The Elder Scrolls 6: diumumkan lima tahun lalu dengan trailer singkat berdurasi 36 detik. Tapi, sejak itu, belum banyak informasi yang kita dapatkan tentang game ini.

Setelah Bethesda merilis Starfield game baru pertama dari pengembang tersebut dalam 25 tahun  yang sukses meskipun banyak kritik terhadap ukuran game yang dijanjikan dan gameplay yang sebenarnya, sudah jelas bahwa fokus studio akan beralih ke game berikutnya dalam seri Elder Scrolls. Game baru ini diharapkan akan mengikuti kesuksesan game sebelumnya, Skyrim (yang masuk ke dalam 50 game terbaik sepanjang masa menurut Tren Digital) dan MMO The Elder Scrolls Online.

Antusiasme untuk The Elder Scrolls 6 sangat tinggi. Jarang sekali ada franchise lain yang bisa memicu rumor selama bertahun-tahun hanya dari teaser singkat tentang lanskap berbatu dan judulnya. Dan harapannya semakin meningkat seiring berjalannya waktu, terutama tahun ini dengan kesuksesan game fantasi seperti Diablo 4 dan Baldur’s Gate 3.

Kita berharap akan segera mendapatkan trailer baru, tapi sepertinya kita masih harus menunggu beberapa tahun lagi untuk melihat The Elder Scrolls 6. Itu saja yang kita ketahui tentang game ini sampai sekarang. Kami akan terus memperbarui artikel ini ketika ada berita atau rumor baru.

Masih Menantikan Waktu Rilis The Elder Scrolls 6:

Setiap penggemar sedang menantikan tanggal rilis pasti untuk The Elder Scrolls 6, tapi sampai sekarang belum ada kabar resmi tentang proyek ini sejak trailer pengumuman dan belum ada perkembangan berarti tentang kapan game ini akan dirilis, mungkin masih beberapa tahun lagi.

Sejak trailer pengumuman pada tahun 2018, Bethesda telah menyatakan bahwa mereka tidak akan fokus pada The Elder Scrolls 6 sampai mereka menyelesaikan Starfield. Jadwal rilis Starfield sendiri sudah berubah beberapa kali, awalnya dijadwalkan untuk November 2022, kemudian diundur ke awal 2023, dan akhirnya dirilis pada September 2023.

Dalam wawancara dengan situs berita game Spanyol Vandal pada Agustus 2023, Pete Hines dari Bethesda mengkonfirmasi bahwa The Elder Scrolls 6 sudah tidak lagi dalam tahap praproduksi dan sudah masuk tahap awal pengembangan. Meskipun demikian, fokus utama studio saat ini masih pada Starfield, jadi kabar tentang The Elder Scrolls 6 mungkin belum akan datang dalam waktu dekat.

Melihat jadwal pengembangan Bethesda untuk Starfield, yang dimulai sekitar pertengahan tahun 2017 dan game tersebut baru dirilis pada akhir tahun 2023, bisa diasumsikan bahwa The Elder Scrolls 6 tidak akan dirilis setidaknya dalam empat atau lima tahun ke depan.

Baca Juga : Dari Fallout 4 Menuju Falloout 5 yang di Tunggu

Di Akuisisi Oleh Microsoft 

Setelah Microsoft mengambil alih Bethesda melalui perusahaan induknya ZeniMax Media pada Maret 2021, ada kemungkinan besar bahwa The Elder Scrolls 6 akan tersedia hanya untuk konsol Xbox dan PC. Ini berarti pemain PS5 mungkin harus pindah ke platform lain atau melewatkan RPG baru ini.

CEO Microsoft Gaming Phil Spencer telah ditanyai tentang hal ini sejak Microsoft mengakuisisi Bethesda dan Activision Blizzard. Dia mengatakan bahwa keputusan tentang apakah judul baru akan eksklusif akan diputuskan satu per satu. Misalnya, pembicaraan awal tentang Call of Duty dan eksklusivitas berakhir dengan keputusan bahwa game itu tetap akan ada di platform Sony, setidaknya untuk sementara waktu.

Namun, The Elder Scrolls 6  akan menjadi hal yang berbeda. Meskipun banyak pemain PlayStation yang menjadi penggemar Bethesda, game ini adalah judul baru pertama dalam lebih dari 10 tahun dan akan sangat dinanti-nantikan. Jika menjadi eksklusif, ini bisa membuat beberapa pemilik PlayStation beralih ke Xbox atau PC.

Namun, kita tidak tahu kapan game tersebut akan dirilis dan platform apa yang akan didukungnya. Spencer mencatat bahwa mereka belum memutuskan untuk konsol generasi mana game itu akan dikembangkan.

Trailer 

Satu-satunya cuplikan video yang kita punya tentang The Elder Scrolls VI hanyalah teaser pengumuman yang pendek, muncul di E3 2018. Teaser ini hanya menampilkan pemandangan tanah dan judul game, dengan musik orkestra yang menggetarkan, mirip dengan yang digunakan untuk mempromosikan Skyrim. Meskipun hanya sekilas, penggemar Elder Scrolls sudah mulai membuat teori tentang di mana game berikutnya ini akan berlatar.

Teaser tersebut menunjukkan daratan tinggi yang dipenuhi batuan besar. Dari pandangan sekilas itu, kita bisa mengabaikan Morrowind, Skyrim, Cyrodiil, dan Summerset Isles. Bukan karena pemandangannya tidak mirip dalam beberapa kasus, tapi karena sepertinya Bethesda tidak akan kembali ke wilayah-wilayah itu untuk game baru.

Ini berarti kita punya beberapa kemungkinan lokasi untuk Elder Scrolls VI: High Rock, Hammerfell, Valenwood, Elsweyr, dan Black Marsh. Black Marsh, Elsweyr, dan Valenwood mungkin kurang cocok karena permukaan laut mereka terlalu rendah. Juga, tidak banyak pegunungan yang terlihat di teaser tersebut.

Dari analisis ini, Hammerfell atau High Rock adalah lokasi yang paling mungkin. High Rock hanya disebutkan sedikit di game utama Elder Scrolls, tapi sudah muncul di Elder Scrolls Online. Begitu pula dengan Hammerfell. Jika bukan di High Rock atau Hammerfell, mungkin Bethesda akan memilih lokasi baru di luar Tamriel, seperti Akavir, tapi informasi tentang tempat ini sangat sedikit.

By admin