Jadwal Resmi League of Legends 2024 Telah Diumumkan Riot Games! Ini Bocorannya!

Riot Games sebagai pihak developer dari game League of Legends telah mengumumkan secara resmi jadwal yang akan dijalankan untuk berbagai kompetisi League of Legends alias LoL di tahun 2024 ini, salah satunya adalah Jadwal Resmi League of Legends 2024 yang nantinya akan menggelar kompetisi di tingkat dunia.

Berdasarkan keterangan tertulisnya yang diunggah, pada tahun 2023 kemarin terdapat beberapa perubahan format yang telah dilakukan pada kompetisi kancah regional maupun dunia, dimana Riot Games telah menghapus pertandingan yang tidak berpengaruh pada hasil turnamen.

Disamping itu, di tahun 2024 ini Riot telah mengungkapkan pihaknya saat ini ingin terus mengembangkan taruhan di pertengahan musim atau Mid Season Invitational alias MSI dan menciptakan nuansa yang baru dan lebih kuat antara kompetisi MSI dan Worlds.

Jadwal Resmi League of Legends 2024 Telah Diumumkan Riot Games! Ini Bocorannya!

Memasuki musim 2024 ini, terdapat tiga slot yang Worlds yang telah resmi ditetapkan, diantaranya LEC atau League of Legends EMEA Championship, LCS atau League of Legends Championship Series, LCK alias League of Legends Championship Korea, dan LPL atau League of Legends Pro League.

Selain itu, terdapat juga PCS atau League of Legends Pasific Championship Series, dan VCS alias Vietnam Championship Series yang mana nantinya masing0masing akan memperebutkan dua slot untuk dapat melaju ke Worlds. Sedangkan untuk LLA atau Liga Latinoamerica dan CBLOL alias Campeonato Brasileiro de League of Legends hanya akan mendapatkan satu slot saja. 

“Dengan adanya perubahan seperti ini, maka aka nada beberapa cara baru untuk setiap tim dan regional guna memperlihatkan kekuatan mereka dan mendapatkan slot Worlds tambahan dengan performa impresif mereka di ajang MSI,” tulis Riot Games pada hari Senin (08/01/2024) kemarin.

Baca Juga : Inilah Alasan Irrad Gabung ke RRQ Hoshi! Beri Janji Untuk Para Kingdom!

SEdangkan untuk pertama kalinya, tim yang berhasil menjadi juara di ajang MSI akan mendapatkan satu slot pasti untuk tampil di Worlds dan juga dihitung sebagai tambahan slot untuk regional mereka. Dengan begitu, Regional yang memiliiki performa terbaik berikutnya di MSI akan mendapatkan tambahan satu slot.

Untuk dapat memastikan tim yang lolos dari babak kualifikasi lebih awal ke ajang Worlds 2024, pihak Riot Games tetap menjaga komitmen untuk mencapa keberhasilan di liga asal, mereka juga harus dapat melewati babak Kualifikasi ke Playoff musim panas regionalnya masing-masing, dengan adanya pengecualian untuk kompetisi LEC karena tim ini akan lolos Kualifikasi ke babak Final Regional LEC.

Untuk informasi lebih dalam mengenai ajang MSI 2024 ini, pihak Riot Games telah mengumumkan bahwa kompetisi MSI 2024 ini akan berlangsung pada tanggal 1 sampai dengan 19 Mei yang akan berlangsung di Chengdu, China. 

Setelah itu, Worlds 2024 sendiri akan digelar pada tanggal 25 September sampai dengan 2 November 2024 mendatang. Untuk lokasinya sendiri di partai final yang telah diumumkan sebelumnya akan berlangsung di O2 Arena, London, Inggris .

Akan tetapi, Pihak Riot Games  juga memberikan sejumlah penjelasan mengenai informasi lain terkait dengan penyelenggaraan stage lain untuk ajang Worlds 2024. Untuk Worlds di Berlin ini akan bergulir di Riot Games Arena yang dikabarkan baru saja selesai direnovasi untuk Play-in dan Swiss Stage. 

Setelah itu nantinya akan berlangjut ke Adidas Arena yang ada di Paris, Prancis sebagai tempat persaingan di babak Quarterfinal dan Semifinal. 

Tak hanya itu, Riot Games di tahun ini juga telah memperkenalkan LoL Esports Hall of Legends yang menjadi sebuah penghargaan kepada mereka yang telah memberikan dampak yang cukup besar kepada game ini, olahraga, dan komuntas serta memberikan prestasi yang telah mereka dapatkan.

Untuk jadwal tepatnya di masing kompetisi adalah jadwal LEC akan dimulai pada tanggal 13 Januari besok, LLA tanggal 16 Januari 2024, LCK 17 Januar 2024, kompetisi PCS 19 Januari 2024, dan LCS 20 Januari 2024.

Untuk VCS dan CBLOL akan dimulai bersamaan denngan LCS yakni pada tanggal 20 Januari 2024, lalu untuk yang terakhir LPL akan bergulir pada tanggal 22 Januari 2024 mendatang. 

Mengingat Grand Final Worlds 2023 lalu, menjadi salah satu pertandingan esports yang paling sukses untuk menarik jumlah penonton yang sangat besar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sejumlah pertandingan esports yang seru dan menarik hadir di tahun 2023 lalu, membuktikan bahwa begitu besarnya ekosistem esports di kancah dunia untuk saat ini.

Tak hanya bagaimana gamenya saja, tetapi seluruh time sports dari berbagai game juga berhasil menarik banyak jumlah penonton dengan mendapatkan intensitas yang sangat tinggi. Bahkan, terdapat beberapa game yang mampu menarik perhatian khusus dari para penonton. Tak heran, jika pihak Riot Games telah merencakan berbagai agenda yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2024 ini untuk dapat terus menjaga ekosistem yang  telah terbangun dengan cukup besar ini.

By admin